Skip to main content

Pengembangan Kolaborasi Sentra Industri Kasongan Yogyakarta Dengan Pendekatan Interactive Meta-Goal Programming

Oleh:
Ir. Nur Indrianti, MT., D.Eng.,
Agus Ristono, ST., MT.,
Fadhlillah Maulana Morrawa, ST.

ABSTRAK

Krisis ekonomi saat ini memberikan peluang kepada sektor riil di Indonesia khususnya sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Untuk dapat bertahan di tengah krisis, sektor UKM harus lebih kreatif dalam melahirkan strategi-strategi bisnis agar dapat bersaing dengan pelaku usaha lainnya. Salah satu strategi yang dapat diterapkan oleh sektor UKM adalah strategi kolaborasi manufaktur. Dengan melakukan kolaborasi, diharapkan sektor UKM dapat saling melengkapi kekuatan dan menutupi kelemahan masing-masing angota kolaborasi sehingga berkembang menjadi sebuah kekuatan yang lebih kompetitif dan produktif.

Sentra Industri Kasongan (SIK) Yogyakarta adalah sebuah kawasan industri gerabah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. SIK merupakan sentra industri gerabah dengan sejumlah perajin yang bersifat industri rumah. SIK memiliki perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang industri gerabah dan keramik yang mana terdiri dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar. Dengan beraneka ragam kelebihan dan kekurangan yang dimiliki masing-masing perusahaan, dimungkinkan untuk mengimplementasikan s
trategi kolaborasi manufaktur agar produktivitas perusahaan dapat ditingkatkan. Terkait dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pengambilan keputusan kolaborasi di SIK Yogyakarta.

Dalam penelitian ini pengembangan kolaborasi Sentra Industri Kasongan Yogyakarta dimodelkan dengan pendekatan Interactive Meta-Goal Programming (IMGP). Hasil simulasi menunjukkan bahwa model yang dikembangkan dapat secara fleksibel mengakomodasikan kepentingan para pengambil keputusan. Modifikasi atau perbaikan kriteria terhadap model yang telah disusun dapat dilakukan oleh para pengambil keputusan apabila keputusan yang diperoleh belum dapat diterima. Iterasi penyelesaian masalah dapat diteruskan hingga diperoleh solusi yang dapat diterima oleh semua anggota kolaborasi sebagai pengambil keputusan.



Kata kunci:
kolaborasi manufaktur, multi kriteria, pengambilan keputusan, goal programming, usaha kecil menengah

Download this paperDownload this paper

Comments

amaliast said…
Yth. Bp. Fadhli,

Saya tertarik dengan paper yang Bapak posting mengenai Kolaborasi Sentra Industri.
Saya ingin mengetahui lebih dalam mengenai model yang Bapak kembangkan, akan tetapi full paper tidak dapat ditemukan.
Apakah saya bisa mendapatkan paper tersebut sebagai bahan literatur saya.
Apabila Bapak berkenan, mohon dapat mengirimkan paper tersebut melalui email saya:
creed_pick@yahoo.com
atau ke:
amal.lyach@gmail.com

Terima kasih atas perhatian dan bantuan Bapak.

Regards,
Amalia

Popular posts from this blog

Pull System VS Push System

Push system / Press System is a system of centralized production control (Indrianti & Nursubiyantoro, 2006). Whereas the pull system is a production control system is not centralized (Indrianti & Nursubiyantoro, 2006). The different both Push System and Pull System are: Push System: Production control systems are centralized, controlling the entire production department Push system, the material motivated to further the process on the basis of the available resources In press system allows the inventory, which will cause the cost of inventory Planning and production control on press systems using MPS and MRP Pull System: Pull system is not centralized Material drawn by the following process according to the amount of material that is only needed Inventory amount sought to be eliminated or minimized pull system using kanban

50% Indonesian Poor Family Spent Their Money for Smoking

Smoking is more important than family Happiness. 50% poor family in Indonesia spent their money for smoking. Whereas they can use the money to buy food and milk for their children than cigarette. "1 from 2 poor family, which their wage only under IDR 600.000, spent their money to buy cigarette," said Abdilah Hasan, Indonesian Demography Researcher Institut (Src: detik.com, Apr 21, 2009). Wow... Unbelievable!! But, I don't have any idea to disagree with Abdilah Hasan's pronouncement. If I can make analysis, there are few factors why that happen. 1. Education level Average low middle economic level only have education until junior high school. It's different with intelectual people which ordinary is up middle economic level. Intelectual people has already know that smoking is not good for their healthy. 2. Stress and economic problems My friend ever told me he smoke if he had some problems which he can't solve it. He said with smoking, he felt better and he can

Avoid Google Adsense Public Sevice Advertise (PSAs) at Blogger

Might be some blogger have same problem with me, how to avoid Google Adsense Public Sevice Advertise (PSAs). Although they have used supported language, but the PSAs still appear. How to avoid that? The answer is, you can use "Section Targeting". Section targeting allows you to suggest sections of your text and HTML content that you'd like Google to emphasize or downplay when matching ads to your site's content. To implement section targeting, you'll need to add a set of special HTML comment tags to your code. These tags will mark the beginning and end of whichever section(s) you'd like to emphasize or de-emphasize for ad targeting. The HTML tags to emphasize a page section take the following format: <!-- google_ad_section_start --> your content here (supported language).. your content here (supported language).. your content here (supported language).. <!-- google_ad_section_end --> You can use section targeting to make suggestions about as many s